Thursday, August 14, 2014

Apakah Forex Itu Haram? Part 1


Penting bagi kita untuk mengetahui apakah yang kita makan haram atau halal. Khususnya bagi kaum muslimin hal ini sangat penting karena jika kita memakan segala sesuatu yang bersifat haram maka banyak hal yang dapat merugikan kita nantinya, entah itu itu di dunia maupun di akhirat. Bagi para trader profesional ataupun yang baru terjun di dunia tranding khususnya yang beragama islam penting untuk mengetahui apakah tranding forex termasuk haram atau halal?

Saya rasa anda semua sudah tahu apa itu haram dan apa itu halal? Banyak orang yang mengatakan bahwa tranding forex itu haram karena merupakan judi. Mari kita telusuri lebih lanjut apa itu judi? Contoh sederhana dari judi adalah permainan poker, poker yang ada difacebook merupakan contoh sederhana. Ketika anda bermain poker, di situ ada 52 kartu yang dibagikan kepada orang-orang yang ada di meja, kartu yang dibagikan bersifat acak. Kemungkinan kita untuk menang adalah jika kartu kita tidak ada yang menandingi, presentase kemenangan tidak bisa diprediksi karena ditentukan oleh keberuntungan. Kita juga tidak membeli apa-apa dari bermain poker.

Berbeda halnya dengan forex. Forex merupakan pasar mata uang, jelas yang kita beli adalah mata uang. Kita bisa terus untung dengan tranding forex walaupun kita tidak bisa terus menang. Tidak bisa terus menang berarti judi? Mari kita telusuri lagi apa itu menang dan untung dalam forex. 

Menang di sini adalah kita mampu memenangkan tranding yang kita lakukan, contoh : saya membeli EUR/USD  pada 1.33673 kemudian saya memperkirakan harga akan naik 500 pip (broker fbs) sehingga saya memasang take profit di 1.34173 dan selang 6 jam kemudian order take profit saya tereksekusi dan saya untung 500 pip, inilah yang saya sebut dengan kemengangan. Sedangkan keungtungan adalah jika kita melakukan 2 kali order yang satu kalah dan yang satu menang, namun dari segi finansial kita tetap untung, contoh: kita lanjutkan contoh di atas, berarti saya sudah untung 500 pips, kemudian saya masuk pasar lagi karena saya memprediksi harga akan kembali turun setelah naik lalu saya pasang order sell (EUR/USD) pada 1.34173 memasang SL(stop loss) jarak 250 point/pips dan take profit 500pips. Selang 4 jam kemudian ternyata saya salah, harga terus naik sehingga level SL saya kena maka untuk sesi ini saya rugi 250 pips, tapi jika di total dengan tranding saya yang pertama tadi maka dari dua kali tranding saya untung 250 pips.


Itulah perbedaan antara judi dan forex. Dalam judi kita tidak akan bisa mengatur  keuangan kita seperti itu. Dan di dalam judi tidak ada analisa yang bisa kita pakai yang kita pakai adalah filling, berbeda dengan forex, forex mempunyai beragam analisa teknikal maupun fundamental, walaupun tidak bisa membuat kita selalu menang tapi dengan management kita bisa membuatnya selalu untung.

ingin berlangganan artikel dari saya?
silahkan masukan alamat email anda:



0 comments:

Post a Comment